by

STNK Hilang ? Begini Cara Mengurusnya

Untuk Mengurus STNK hilang kita mesti mempersiapkan beberapa arsip dan fotokopi untuk nanti dibawa ke Samsat. Berikut yang harus kamu persiapkan:

  • Siapkan surat keterangan hilang STNK di kantor polisi yang berada di dekatmu

Gak susah kok kamu tinggal mampir ke Polres atau Polsek yang ada di dekatmu dan bilang ke bapak polisi kalau STNK milikmu hilang. Gak usah takut karena pak Polisi hanya ingin mengetahui kronologi hilangnya kapan dan dimana untuk nantinya kamu dibikinkan surat keterangan hilang. Hanya membutuhkan 10 menit saja surat keterangan hilang STNK akan berada di genggamanmu dan tidak ada biaya untuk ini tapi kalau kamu mau memberi pun tiak masalah kok.

  • KTP asli dan fotokopi pemilik kendaraan
  • Fotokopi dari STNK yang hilang (kalau ada)
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)
stnk hilang

Langkah-langkah mengurus STNK hilang

Setelah mempersiapkan syarat-syarat di atas, maka kamu tinggal mampir ke Samsat dan membawa segala syaratnya. Siapkan semuanya dalam satu map saja biar tidak bercecer dan hilang yaa.. Berikut langkah-langkah mengurus STNK:

  • Apabila kamu tidak punya fotokopi STNK, bawa fotokopi BPKP atau surat pengantar dealer. Misalkan nih STNK kamu hilang dan kendaraan yang kamu punya statusnya masih complicated eh maksudnya kredit maka dari itu kamu perlu membawa fotokopi BPKB dan surat pengantar dari dealer bahwa kamu membeli kendaraannya disitu.
  • Bawa fotokopi BPKB dari dealer untuk dilegalisir. Kata siapa cuman ijazah SMA aja yang perlu dilegalisir ternyata BPKB juga perlu lho karena kamu gak punya fotokopi STNK. Bawa fotokopi BPKB ke bagian pengesahan yang ada di kantor polisi beserta KTP.
  • Cek fisik kendaraan kamu di Samsat. Digimanain yah tuh cek fisik kendaraan?Jadi pengecekan ini bertujuan untuk menentuka karakteristik kendaraan kamu seprti warna mobilnya, nomor kendaraan, nomor mesin, dan juga nomor rangka dan setelah itu akan dibuatkan suratnya oleh Samsat. Bawa kendaraanmu dan pergi ke Samsat terdekat rumahmu lalu segera ke loket cek fisik untuk kamu dapatkan blangkonya. Kamu ikuti saja prosedurnya di Samsat, memang lumayan lama prosesnya namun cek fisik ini gratis kamu hanya perlu membayar biaya fotokopi saja.
  • Isi formulir pendaftaran di Loket STNK. Segera ke loket STNK dan minta formulir untuk kamu isi dengan lengkap dan berikan beserta kelengkapan persyaratan di atas
  • Pastikan kendaraan kamu gak di blokir. Caranya kamu bawa hasil cek fisik dan lakukan cek blokir untuk memastikan bahwa kendaraan kamu tidak sedang dalam pencarian seperti kendaraan curian.
  • Pembuatan STNK baru deh. Setelah kamu berpindah-pindah loket untuk mengurus cek fisik, cek blokir, dan ngisi formulir-formulir akhirnya kamu bisa urus pembuatan STNK baru di Loket Bea Balik Nama II. Disini kamu harus memberi semua berkas dan surat keterangan hilang.
  • Sudahkah Sepulsa Mates bayar PKB? Hayoo kalau kamu belum bayar pajak kendaraan bermotor maka kamu harus bayar pas pembuatan STNK baru, segera bayar agar proses pembuatan STNK baru lebih cepat.
  • Bayar biaya mengurus STNK hilang. Tarif STNK hilang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010 mengenai PNBP adalah: Kendaraan dua Rp50.000 & Kendaraan roda empat adalah Rp Rp75.000

Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari hilangnya STNK hayoo? Kita baru menyadari sesuatu itu penting setelah kita menghilangkannya. Hmmm bener sih tapi selain itu apalagi coba pelajaran yang bisa dipetik dari STNK hilang? Selalu fotokopi! Betul sekali kita harus membuat copy setiap arsip yang dipunya untuk jaga-jaga kalau hilang dan memudahkan kita untuk mengurusnya kelak. Jangan lupa juga selalu cek pajak kendaraan kamu secara berkala untuk  segera perpanjang STNK kamu sebelum terlambat kalau gak mau ditilang sama pak polisi terus bayar mahal karena sekarang  kamu sudah bisa cek STNK online. Selain itu kamu juga bisa memperpanjang SIM secara online jadi tidak usah lagi kita jauh-jauh mengantri di Samsat mengisi form

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed