by

TIPS MEMBELI KREDIT, TUKAR TAMBAH ATAU CASH DI DEALER MOTOR

Sedang mencari kendaraan second? ada baiknya anda ikuti saran Michael Sanibel dari Investopedia. Sarannya mungkin berguna supaya  anda menebus motor idaman dengan “menang” di dealer motor

dealer motor

Menurut Sanibel, tawar menawar hanya dilakukan kalau anda siap. Bukan saja siap uangnya, tapi siap negosiasi. Jadi, ingat-ngat waktu dulu tawar menawar rumah atau barang elektronik, cara dan taktik apa saja yang anda gunakan hingga mendapatkan harga yang bagus.

Kalau sudah ada di dealer, jangan terpaku pada satu kendaraan, apalagi langsung bilang anda  ssuka dan cuma pingin kendaraan itu.  Salesman  akan langsung berada dalam posisi yang kuat. Anda?  sebaliknya…

Kalau ada kendaraan yang anda suka, luangkanlah waktu untuk melihat-lihat yang lainnya. Bahas kendaraan yang anda suka itu tapi fokus pada kondisinya yang umum-umum saja, jangan tunjukkan kalau anda antusias.

Kalau ingin tukar tambah, jangan sebut itu sampai terjadi kesepakatan harga. Penyebutan sejak awal bahwa anda ingin trade-in, akan membuat salesman merayu anda dengan potongan harga tapi kendaraan anda dihargai di bawah harga pasaran.

“Deal” dulu harga kendaraan yang anda inginkan, baru anda kemukakan bicara soal trade-in. Jika harga kendaraan anda ditawar di bawah harga pasaran, tak ada salahnya bilang anda akan menjual sendiri. Pada beberapa kasus, ucapan anda itu akan membuat salesman  menaikkan harga belinya. Kalau tidak, ya bawa pulang motor anda.

Tips selanjutnya adalah mengabaikan harga banderol yang dipasang. Mungkin, anda anggap harga itu otentik, tapi sebenarnya, harga banderol hanyalah acuan.

Soal tawar menawar, buang jauh-jauh keraguan menawar dengan rendah. Jangan terlalu sensitif  berpikir bahwa hal itu akan menyinggung salesman.

“Salesmen memang sudah siap ditantang dan dia beranggapan anda seorang yang juga jago menawar,” kata Sanibel.

Salesman pasti punya target untuk menjual sehingga dia akan cepat dalam tawar menawar, tapi anda sebaiknya tidak begitu. Naikkan penawaran sedikit demi sedikit hingga anda tahu apa yang akan dilakukan salesman.

Jika harga tak cocok, mundur saja. Mungkin dengan cara itu dealer akan memberi penawaran terakhir. Kalau itu terjadi, pertimbang baik-baik.  Kalau  anda tetap melenggang dan balik lagi dalam kesempatan lain, tawaran itu mungkin sudah tidak berlaku.

Intinya, dealer tahu kalau anda akan keliling ke tempat lain. Jika dealer tahu anda adalah pembeli serius, melepas anda adalah “dosa”.

Bagaimana jika membeli dengan cara kredit? lebih baik jika kita  sendiri sudah memilih pemberi kredit sebelum membeli kendaraan. Jika dealer menawarkan kredit, pelajari dulu secara seksama di rumah. Pastikan tingkat bunga dan jumlahnya sudah jelas semua termasuk total kredit.

Nah Selanjutnya bagaimana caranya mendapatkan motor dengan harga lebih murah jika anda ingin membeli cash? :

PERTAMA :

Anda Harus Punya Duit Kontan

Pohon duitMohon maaf yaaa,, untuk mendapatkan harga motor yang lebih murah kita WAJIB memiliki duit kontan.

KEDUA :

Hindari Sales Yang Ada di Dealer Tersebut

sales

Seperti biasanya dalam sebuah brosur terdapat nama dan nomor telp sales,, JANGAN PERNAH anda hubungi sales tersebut kecuali bila anda membeli motor dengan cara kredit. Sudah jadi rahasia umum bagi sales yang berhasil menjual motor baik dengan cara kontan maupun kredit maka dia akan mendapat bonus dari bosnya. Bila anda anda CERDAS maka akhir dari negosiasi nanti bonus sang sales akan masuk ke dalam dompet anda. Saran saya hindari para sales yang merupakan pasukan terdepan dari dealer tersebut. Lalu kita ketemu siapa????

KETIGA :

Langsung Ketemu Big Bosnya (Pemilik Dealer)

Prajurit ketemu prajurit, komandan ketemu komandan. Yuuuups,,,, karena anda membeli secara kontan maka status anda adalah komandan. Jadi wajar dong bila komandan dilayani oleh komandan juga. Di sinilah Kemampuan anda bernegosiasi teruji. Secara pribadi saya TIDAK PEDULI hasil akhirnya,, Negosiasi bagi saya adalah SENI,, proses negosiasi ini yang paling saya sukai,, Untuk mendapatkan harga rumah lebih murah Rp 20.000.000,- dari yang lain saya perlu waktu seminggu dalam proses negosiasi. Maklum sobat proses Negosiasi dalam membeli rumah jauh lebih ribet dibandingkan proses negosiasi dalam membeli motor walaupun Tips Dasarnya sama.

KEEMPAT :

Tekan Nafsu Birahi Anda, Jangan perlihatkan MuPeng

MupengIni yang paling penting ketika anda bernegosiasi dengan Big Bos,, Jangan perlihatkan nafsu birahi anda untuk memiliki sepeda motor yang anda incar, perlihatkan wajah alim anda hehehehee…. Anak sekarang bilang jangan MuPeng (Muka Pengen). Big Bos itu orang yang berpengalaman dalam penjualan,, dari gerakan otot diwajah anda saja dia sudah tau sebenarnya anda bernafsu apa enggak,, Nah kalau ketahuan,, anda akan kalah dalam negosiasi tersebut. Tapi tenang sobat ketahuan atau enggak anda masih bisa menang koq,, Saya masih banyak jurus yang akan saya berikan kepada anda,,,

KELIMA :

Tunjukkan Uang Kontan Anda

Bukan bermaksud menyombongkan diri tapi trik ini hanya membuktikan bahwa anda serius membeli motor pada hari itu. Masukkan Uang anda dalam Kantong plastik bening,, letakkan di meja Big Bos ketika bernegosiasi,,, Sekaya apapun big bos itu,, uang adalah uang,, uang bisa membuat mata menjadi ijo,, INGAT big bos itu pedagang,, Namanya pedagang,, uang diatas meja rasanya sayang bila akhirnya melayang ke pedagang yang lain.

KEENAM :

Uang Kontan Yang Anda Bawa Harus di Bawah Harga Motor Yang Anda incar.

Gober

Bila motor yang anda incar itu berharga 25 juta,, maka bawa uang kontan anda 24 juta,, boleh kurang lagi bila anda memang seorang NEGOSIASI ULUNG,, tapi ingat jangan tawar harga yang keterlaluan karena INTI dari negosiasi tersebut adalah anda bisa mendapatkan harga motor yang murah dari harga standar dealer tersebut. Ini saatnya ANDA MERENDAHKAN DIRI,,, katakan pada big bos itu,, bahwa uang yang anda bawa itu uang terakhir yang anda miliki walaupun uang tabungan anda sebenarnya 1 M,, hehehehee…. Ingat dalam sebuah Negosiasi merendahkan diri bukan berarti anda kehilangan harga diri.

KETUJUH :

Ancaman

Big Bos tak akan peduli walaupun sudah anda katakan itu uang terakhir anda,, namanya pedagang pasti menaikkan harga yang anda tawarkan,, saatnya menggunakan jurus ANCAMAN,,, hohohoho,,,, jangan mengancam Big Bos dengan Samurai atau pistol yaaa,, karena jelas hal itu akan membuat anda masuk dalam penjara,,, Bila Big Bos enggak mau dengan harga yang anda minta,, ya udah ancam Big Bos dengan cara enggak jadi membeli motor tersebut. Bila motor yang anda incar itu adalah New Vixion,, sebelum anda pergi katakan pada Big Bos bahwa anda akan pergi ke dealer Honda untuk membeli CB150R begitu pula sebaliknya,,, Yakin deh anda akan dipanggil kembali untuk membawa pulang motor yang anda incar itu,,wkwkwkwkwk..

KEDELAPAN :

Berdoa

berdoa

Sebelum berangkat untuk bernegosiasi, saya harap anda berdoa dulu,, semoga apa yang anda harapkan terkabul,, JANGAN LUPA berdoa juga semoga Big Bos pemilik dealer motor yang anda incar itu tidak membaca artikel ini,,, Wkwkwkwkwkwkk,,,,,,,,

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed